Cara Mudah Memilih Telur Yang Masih Fresh

Telur termasuk bahan makan yang menjadi salah satu favorit buat keluarga, karen harganya juga masih lebih murah dan juga sumber makanan hewani yang dibutuhkan oleh tubuh kita. dan juga dapat disajikan dengan cepat disaat kita butuhkan. Disajikan dalam beberapa bentuk, baik itu direbus, dibikin ceplok dan telur dadar atau jga omelette.


Nah bagaimana cara memilih telur yang baik buat dikonsumsi?
ada beberapa cara atau tips yang perlu anda ketahui ...

Telur bisa dilihat dari cangkangnya atau kulit telurnya apakah teksturnya masih bagus dan tidak retak bahkan kalo diraba biasanya telur yang baik akan terasa lebih kasar karena memiliki butiran-butiran kecil yang menonjol pada permukaannya.

Selain itu dlam memilih telur bisa juga dengan di guncang-guncangkan, jjika telur yang baik tidak berbunyi ketik digoncangkan, ini disebabkan karena putih telur masih baik dan mempunyai tingkat kekentalan yang baik.

Nah ada juga memeriksa telur yang lebih mudah dengan merendamnya didalam air, Ketika di rumah, kita bisa memastikan kualitas telur lebih seksama dengan merendam telur pada wadah berisi air dingin (suhu ruang).



Telur yang baik akan tenggelam dengan posisi rata saat direndam (0-1 minggu).

Telur yang tenggelam dengan posisi miring, sedikit terangkat pada bagian rongga udaranya (2 minggu).

Demikian pula pada telur yang sudah berumur hingga tiga minggu, posisinya akan hampir tegak lurus karena meluasnya rongga udara di bagian dalam (B).

Hindari mengkonsumsi telur yang mengambang saat direndam, karena telur tersebut sudah rusak.

Berikut Video Singkatnya :


Memilih telur dengan cara ini dapat membantu kita mengatur prioritas penggunaan telur bila kita menyimpan stok telur dalam jumlah banyak.