Selasa, 08 Maret 2016

Cara Install Wordpress Offline di PC

Sangatlah mudah cara install wordpress offline di pc atau di laptop kita dengan bantuan server localhost seperti AppServ.

Cara Install Wordpress Offline di PC


Untuk yang belum tau cara bikin server localhost secara offline, bisa baca dulu artikelnya tentang Membuat Server Local Menggunakan AppServ Terbaru.

Jika anda telah punya localhost sendiri, anda bisa langsung download cms wordpress di wordpress.org dan download versi terbarunya.

download-wordpress

Setelah di download anda bisa letakkan file wordpress tadi ke localhost anda, contohnya saya menggunakan AppServ yang ada di drive C: dan kemudian anda extract. setelah itu akan ada folder wordpress yang isinya script cms wordpress.

Nah folder ini bisa anda ubah namanya sesuai keinginan anda sendiri, disini saya mencoba mengganti namanya dengan namawebku.

rename-folder-host

Setelah itu coba anda akses lewat browser anda http://localhost/namawebku disini anda akan dibawa ke instalasi cms wordpress.

Install-Wordpress

Klik Continue dan kemudian anda perlu membuat database baru dulu dengan cara masuk ke phpmyadmin, http://localhost/phpMyAdmin/ 

phpmyadmin

Disini anda perlu masukkan username dan password dari phpmyadmin yang anda dapatkan pada saat menginstall server localhost anda, kalo disini saya menggunakan AppServ maka defaultnya usernamenya adalah root dan passwordnya yang telah kita tentukan sebelumnya pada saat menginstall AppServ.

Setelah Anda masuk ke phpmyadmin, buatlah sebuah nama database yang ingin Anda gunakan.

create-database

Setelah anda masukkan database sesuai yang anda inginkan lalu klik tombol create yang ada disampingnya agar terbentuk suatu database baru yang nantinya akan kita gunakan dalam pembuatan website wordpress.

Kemudian kita kembali lagi ke proses install wordpress tadi dan masukkan data-data yang sudah ada.

pengisian-database

Isi Database Name dengan database yang sudah kita buat tadi, User Name disini kita menggunakan root, dan untuk Password adalah password phpmyadmin yang kita dapatkan pada saat pembuatan server. dan untuk Database Host kita gunakan localhost dan untuk Tabel Prefix bisa kita ganti sesuai yang anda inginkan disini saya biarkan defaultnya. kemudian kita klik tombol Submit.

Kemudian akan ada pemberitahuan bahwa input kita semua sudah benar, lalu klik Run Install.
Sekarang Anda perlu memasukkan Informasi tentang web anda di form berikutnya.


Disini bisa anda masukkan Site Tittle anda, username dan  password untuk anda login ke dashboard Admin wordpress anda dan juga email. Untuk Search Engine Visibility adalah untuk menyembunyikan dari search engine, jadi kalo kita bikin websitenya online maka ini gak perlu kita checklist, tapi karena ini hanya buat latihan di offline saja boleh kita checklist saja.

Berikut video tutorialnya stepbystep:

Akhirnya selesai kita menginstall website kita secara offline. semoga tutorial singkat ini bisa membantu buat anda. Jadi sangat mudah ya cara install wordpress offline di PC.
Disqus Comments